PENANAMAN TANAMAN OBAT DI DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO MENUJU HERBAL VILLAGE

  • Pramono Hadi Prodi Agrotehnologi Universitas Islam Batik Surakarta
  • M Ihsan Prodi Agrotehnologi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Sri Julie Rahmawatie Prodi Agrotehnologi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Tri Pamuji Asih Prodi Agrotehnologi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Ibnu Suryo Prodi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta
  • Burhanudin AY Prodi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta
  • Istiqomah Istiqomah Prodi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta
  • Priyono Priyono Prodi Agrotehnologi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
Keywords: tanaman obat, desa telukan, herbal village

Abstract

Kepedulian masyarakat kampus khususnya Universitas Islam Batik Surakarta program studi agrotehnologi pada kesehatan masyarakat desa Telukan sangat tinggi.  Hal ini dibuktikan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul penanaman tanaman obat di desa Telukan kecamatan Grogol kabupaten Sukoharjo menuju herbal village telah dilakukan pada tanggal minggu 27 Maret 2022. Metode pengabdian masyarakat dengan cara pemberdayaan masyarakat dengan bantuan beberapa bibit tanaman obat. Pemberdayaan dengan cara sosialisasi dan bantuan bibit kepada tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan. Hasil pengabdian pada masyarakat menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias menerima sosialisasi dari program kepedulian kampus Universitas Islam Batik Surakarta. Tanaman obat ditanam pada area pinggiran sungai bengawan solo selain untuk penghijauan atau reboisasi juga sebagai bahan baku tanaman obat bagi masyarakat. Bibit tanaman obat yang ditanam seperti tanaman salam, tanaman Lombok, dan tanaman papaya. Selain tanaman obat juga sebagai tanaman buah-buahan. Tanaman diberikan pada saat yang tepat masuk musim penghujan, sehingga masyarakat tidak perlu melakukan penyiraman. Pengabdian masyarakat tidak hanya pemberian bibit tetapi dilanjutkan dengan perawatan tanaman sampai bisa panen, oleh karena itu telah dilibatkan penyuluh pertanian penyedia bibit dan petugas dinas pertanian Sukoharjo untuk menindahlanjuti program tersebut. Sehingga program pengabdian masyarakat di desa Telukan ada keberlanjutannya.

References

[1] Ambari, Y., Wahyuni, K. I., Lehana, Z. R., Syamsudin, M., & Fitri, S. (2020). Pengembangan Desa Wisata dengan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto Propinsi Jawa Timur. Jurnal Karinov, 3(1), 22-26.
[2] Fitriatien, S. R., Rachmawati, N. E. J., Rahmah, N., Safitri, D. A., Pahlevi, M. R., & Natsir, N. M. W. (2017). Kegiatan penanaman tanaman obat keluarga (toga) sebagai salah satu usaha pemberdayaan siswa sdn dermo guna dalam menumbuhkan kepedulian kesehatan keluarga. Jurnal Abadimas Adi Buana, 1(2), 21-28.
[3] Hadi, P., Masnur, M., Santoso, A., dan Suharno, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen untuk Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abdidas, 2(2), 203-216.
[4] Karamina, H., Supriyadi, S., Yasin, D. D. F., Kamhar, M. Y., & Astuti, F. K. (2020). Pemanfaatan dan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Menuju Keluarga Sehat Pada Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 120-127.
[5] Nugraha, S. P. (2015). Pelatihan penanaman tanaman obat keluarga (TOGA). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(01), 58-62
[6] Permatasari, P., & Hardy, F. R. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Cinere Dalam Penanaman dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).
[7] Sukoharjo dalam angka, 2017
[8] (https://www.solopos.com/ternyata-ini-alasan-sukoharjo-dijuluki-kota-jamu-1260414).
[9] https://jatengprov.go.id/beritadaerah/galakkan-penghijauan-bupati-sukoharjo-tanam-ribuan-pohon/
[10] https://portal.sukoharjokab.go.id/2021/10/15/gerakan-sukoharjo-go-green-tanam-seribu-pohon-di-batu-seribu-bulu-sukoharjo/
Published
2022-05-20
How to Cite
Hadi, P., Ihsan, M., Julie Rahmawatie, S., Pamuji Asih, T., Suryo, I., AY, B., Istiqomah, I., & Priyono, P. (2022). PENANAMAN TANAMAN OBAT DI DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO MENUJU HERBAL VILLAGE. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1171-1178. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1548
Section
Articles