PERAN PENTING PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI DESA SITIHARJO PADA ERA NEW NORMAL

  • Nurhaji Aprilianto Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • amadi amadi Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • Ricky Solaeman Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • Anggita Dewi Utami Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • Asih Rizkiyanti Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • Khalimatun Najah Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • Difla Ainul Karimah Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • Shofi Lutfil Hidayah Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • Lia Anggraeni Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • Yudistira M Isa Abdillah Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
  • Noor Aziz Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Jawa Tengah
Keywords: Pendidikan Formal dan Non Formal, Karakter Anak, Era New Normal

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh informasi dan gambaran tentang pentingnya peran pendidikan formal dan non formal di Desa Sitiharjo sebagai upaya untuk membentuk kembali karakter anak yang menurun di era new normalkarena penyebaran virus covid-19 diIndonesia. Subjek penelitian adalah orang tua, guru, ustadz serta siswa-siswiDesa Sitiharjo. Data di kumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas, orang tua dan siswa setelah kegiatan pembelajaran berakhir serta observasi ketika pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dampak dari covid-19 menyebabkan turunnya kualitas karakter anak (2) pendidikan formal dan nonformal memiliki peran penting dalam membentuk krakter anak (3) sinergitas antara ketiga ranah pendidikan yakni pendidikan keluarga, formal dan non formal sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter anak yang kini menurun di era new normal karena penyebaran virus covid-19 di Indonesia.

References

[1] Azizah, Siti Aminatuzzuhrufah (2021), “TANTANGAN DAN DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE ERA PANDEMI COVID-19 DI SDN SITIHARJO”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, Vol.x No.x,1-5 ISSN (print):2354-869X|ISSN (online) :2614-3763, Program Studi Pendidikan Fisika FITK UNSIQ
[2] Tuhiryadi, Lalu (2020) “Membangun Karakter Anak Melalui Sinergitas antara Pendidikan Keluarga, Sekolah, dan Non Formal” (artikel online) https://ayoguruberbagi.kemendikbud.go.id(Rabu, 06 April 2022)
[3] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017), “Peta Jalan: Penguatan Pendidikan Karakter” Jakarta: Kemendikbud.
[4] Mulyadi (2014), “ PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI MADRASAH DINIYAH SEBAGAI PELENGKAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR” (Skripsi Pascasarjana) Program Studi Kajian Islam, Konsentrasi Pendidikan Islam, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Published
2022-05-20
How to Cite
Aprilianto, N., amadi, amadi, Solaeman, R., Dewi Utami, A., Rizkiyanti, A., Najah, K., Ainul Karimah, D., Lutfil Hidayah, S., Anggraeni, L., M Isa Abdillah, Y., & Aziz, N. (2022). PERAN PENTING PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI DESA SITIHARJO PADA ERA NEW NORMAL. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1103-1110. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1538
Section
Articles