SOSIALISASI PENGASUHAN DAN KEBEBASAN HAK ANAK DI DESA SUKA NEGERI KECAMATAN BANDING AGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

  • Siska Nopita Sari Universitas Bina Darma
  • Mutia Mawardah Fakultas Psikologi, Program Studi Psikologi, Universitas Bina Darma

Abstract

Pengasuhan adalah tindakan, peran, dan komunikasi yang dilakukan oleh orang dewasa dalam membangun pertumbuhan dan perkembangan anak. Orang dewasa disini adalah semua orang yang berkepentingan dengan anak, mulai dari orang tua, keluarga, masyarakat, sekolah, dan pemerintah sebagai pengambil kebijakan (Narsidah, 2014). Namun demikian, proses pengasuhan yang utama dan pertama terletak pada orang tua sebagai lingkungan terdekat anak, terutama bagi anak usia dini. Karena itu sebaiknya orang tua hadir di tengah-tengah anaknya dalam pengasuhan anaknya. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang tua ataupun yang akan menjadi orang tua mengenai tips pengasuhan anak yang tepat dan kebebasan apa saja yang berhak anak dapatkan dari orang tua. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pemaparan materi, sasarannya ialah masyarakat Desa Suka Negeri (Terutama yang sudah menjadi orang tua dan yang akan menjadi orang tua). Hasil setelah dilaksanakan kegiatan keilmuan orang tua terutama ibu-ibu lebih bisa menghadapi anak-anaknya meskipun masih ada juga orang tua yang belum menerapkannya dengan baik.

References

Hasbi, Muhammad, and Rochaeni Esa Ganesha. Pengasuhan Positif. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
Lembaran Negara Republik Indonesia. https://ngada.org/uu23-2002bt.htm (accessed September 5, 2021).
Miftahusyaian, Moh. "Kebebasan Anak BerekspresiDalam Keluarga Persepektif Pendidikan dan Sosial." Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender, 2007.
Narsidah, Tyas Retno Wulan, Eri Wahyunigsih, Rr Setyawati, and Mahmudah. Pengasuhan Anak BMI/TK Berbasis Komunitas. Banyumas: Pangyuban Peduli Buruh MIgran dan Perempuan (SERUNI), 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.
Unicef. https://www.unicef.org/indonesia/id/konvensi-hak-anak-versi-anak-anak (accessed September 5, 2021).
Widoyoko, Eko Putro. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Published
2022-05-20
How to Cite
Sari, S., & Mawardah, M. (2022). SOSIALISASI PENGASUHAN DAN KEBEBASAN HAK ANAK DI DESA SUKA NEGERI KECAMATAN BANDING AGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1221-1226. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1467
Section
Articles