Meningkatkan Motorik Halus Dengan Metode Mewarnai Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di PAUD As-Syifa Desa Surabaya Timur

  • PUTRO DWI ASMORO UNIVERSITAS BINA DARMA
  • Sawi Sujarwo Fakultas Psikologi, Universitas Bina Darma
  • Susan Dian Purnamasari Fakultas Psikologi, Universitas Bina Darma
Keywords: Motorik Halus, PAUD, Mewarnai

Abstract

Anak usia dini merupakan usia emas untuk melatih dan mengembangkan berbagai jenis potensi kecerdasan yang dimiliki. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut, Pendidikan anak usia dini merupakan sebuah sarana dan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang berfokus pada pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosio-emosi, dan lain-lain. Permasalahan yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah belum berkembangnya motorik halus pada anak PAUD As-Syifa Desa Surabaya Timur, khususnya dalam memegang dan menggenggam pensil. Guna untuk melatih keterampilan motorik halus tersebut, metode yang digunakan adalah dengan metode mewarnai gambar.  Dari hasil yang didapatkan, keterampilan motorik halus anak PAUD As Syifa Desa Surabaya Timur meningkat dengan baik, khususnya dalam menggenggam dan memegang pensil dengan baik.

References

Adriana, D. (2017). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Salemba Medika.
Banda, L. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Budi, D. I. (2017). Metode Coloring Untuk Untuk Melatih Motorik Halus Pada Siswa Paud.
Fadhillah, N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul.
Hurlock, E. (2000). Perkembangan Anak. Erlangga.
Latihan, P., & Halus, M. (n.d.). Bagi Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah 17 Surabaya Rizqi Nur Laili. 1–6.
Lestari, I. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Permainan Finger Painting Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Desa Pulau Semambu.
Mariati, M., & Widya Puteri, I. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Kelompok B Di Tk Ar-Rahma Muara Badak Pada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.24903/jw.v1i1.174
Meylinie, N. (2009). Pembelajaran Mewarnai Gambar Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 6, No, 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/issue/view/789
Nurlaili. (2019). Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini.
Permendikbud. (2021). Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan.
Santrock, J. W. (1995). Life Span Development. Erlangga.
Sudono, A. (2010). Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Grasindo.
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini. Depdiknas Dikti.
Published
2022-05-20
How to Cite
ASMORO, P., Sujarwo, S., & Purnamasari, S. (2022). Meningkatkan Motorik Halus Dengan Metode Mewarnai Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di PAUD As-Syifa Desa Surabaya Timur. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1111-1116. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1425
Section
Articles