PENINGKATKAN KAPASITAS PELAKU USAHA EKONOMI KREATIF UMKM WIRAUSAHA BARU BATIK NYERE DI LINGKUNGAN KECAMATAN CICENDO KOTA BANDUNG MELALUI WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN

  • Sri Rochani Mulyani Program Pascasarjana, Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung
  • Kosasih Kosasih Program Pascasarjana, Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung
  • Vip Paramarta Program Pascasarjana, Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung
  • Farida Yuliati Program Pascasarjana, Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung
  • Fitriana Fitriana Program Pascasarjana, Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung
Keywords: UMKM, Batik Nyere, Cicendo Kota Bandung, Workshop

Abstract

Masyarakat Bandung memiliiki kemampuan seni yang tinggi memberikan peluang untuk mengembangkan bakat seninya dalam pembuatan batik nyere. Sehingga cukup banyak masyarakat setempat yang berminat menjadi wirausaha batik nyere, dengan mengikuti program pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Industri dan Perdagangan, dan beberapa program pelatihan yang diselenggarakan oleh Kantor Kecamatan Cicendo kerjasama dengan perguruan tinggi dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memiliki target dan luaran, dengan harapan dapat menjadi parameter efektivitas kegiatan PKM yang dilakukan. Adapun hasil wawancara diperoleh: Adanya keinginan untuk merubah pola berfikir (mindset), bahwa bisnis mereka harus berkembang dan adanya keinginan untuk meningkatkan omzet penjualan, dengan melakukan inovasi produk, inovasi kemasan dan inovasi merk.

References

[1] Assauri dan Sofjan. (2012), “Strategi Marketing Sustaining Lifetime Customer Value”. Raja Garfindo Persada. Jakarta.
[2] Daryanto dan Ismanto Setyobudi. (2014), Dasar dasar manajemen pemasaran jasa, Rineka arta, Jakarta
[3] Daryanto dan Ismanto Setyobudi. (2014), Konsumen dan pelayanan Prima, Dava media, Malang.
[4] Edwin B. Flippo (2002), Personel Management (Manajemen Personalia), Edisi VII Jilid II, Terjemahan Alponso S, Erlangga, Jakarta.
[5] Hurriyati, Ratih. (2010), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Penerbit Alfabeta Bandung.
[6] Kasmir. (2016), Manajemen pemasaran (Teori dan Praktik). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[7] Kotler, P., & Keller, K, L. (2016), Manajemen Pemasaran Jilid Satu dan Jilid Dua, Jakarta: Penerbit Erlangga.
[8] Tjiptono (2013). Kepuasan Pelayanan. Erlangga, Jakarta.
Published
2021-01-25
How to Cite
Mulyani, S., Kosasih, K., Paramarta, V., Yuliati, F., & Fitriana, F. (2021). PENINGKATKAN KAPASITAS PELAKU USAHA EKONOMI KREATIF UMKM WIRAUSAHA BARU BATIK NYERE DI LINGKUNGAN KECAMATAN CICENDO KOTA BANDUNG MELALUI WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 45-48. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i1.1283
Section
Articles