INTEGRASI DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN

  • Zaturrahmi Zaturrahmi Universitas Adzkia
  • Rona Rossa Universitas Adzkia
  • Elva Zuleni Universitas Adzkia
Keywords: Pendidikan Karakter, SDIT Mutiara Padang, Guru

Abstract

Kegiatan ini merupakan pemaparan terkait urgensi pendidikan karakter dan bagaimana implementasi dan integrasi pendidikan karakter ke dalam pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah para guru, khususnya di SDIT Mutiara Padang memahami seberapa pentingnya pendidikan karakter diberikan kepada anak sejak usia dini. Oleh sebab itu guru perlu mendidik anak-anak didiknya dengan implementasikan pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. Hal lain yang harus dilakukan guru adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam perangkat pembelajaran masing-masing. 

References

[1] Khaironi, Mulianah. "Pendidikan Karakter Anak Usia Dini." Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 2017.
[2] Lickona, Thomas. Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa. Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media, 2013.
[3] Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Rosda Karya: Bandung, 2012.
[4] Musrifah. "Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam." Edukasia Islamika : Volume 1, Nomor 1, Desember 2016/1438, 2016.
[5] Sudaryanti. "Mendidik Anak Menjadi Manusia yang Berkarakter." Journal.uny, 2014.
[6] Zurqoni. "Penguatan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5 No. 1, 2018.
Published
2022-02-07
How to Cite
Zaturrahmi, Z., Rossa, R., & Zuleni, E. (2022). INTEGRASI DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1033-1038. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1282
Section
Articles