BUDI DAYA JAMUR TIRAM DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA TAMBAKMEKAR KECAMATAN JALANCAGAK KABUPATEN SUBANG PROVINSI JAWA BARAT

  • Kosasih Kosasih Universitas Sangga Buana Ypkp, Bandung
  • Vip Paramarta Universitas Sangga Buana Ypkp, Bandung
  • Sri Rochani Mulyani Universitas Sangga Buana Ypkp, Bandung
  • Farida Yuliati Universitas Sangga Buana Ypkp, Bandung
  • Fitriana Fitriana Universitas Sangga Buana Ypkp, Bandung
Keywords: Pelatihan, Kewirausahaan, E-Commerce, Wirausaha Pemula

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pengusaha atau wirausaha pemula tentang kewirausahaan dan penjualan melalui e-commerce. Kegiatan pelatihan ini memberikan pendampingan tentang proses produksi yang lebih efisien dan hemat biaya. Selain itu juga dilakukan pelatihan pengemasan produk yang lebih baik dan memberikan pelatihan dalam penggunaan e-commerce untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Penggunaan e-commerce belum dapat terealisasi karena pelaku usaha sudah berusia 50 tahun lebih sehingga kurang mampu beradaptasi dengan teknologi. Namun harapan ke depan pelaku usaha bisa memiliki tambahan tenaga khususnya bagian administrasi agar bisa meningkatkan penjualan secara online atau melalui e-commerce. Hasil dari kegiatan ini pelaku usaha mampu melakukan efisiensi produksi dan juga pengemasan yang lebih baik sehingga mampu meningkatkan profitabilitas usaha.

References

[1] Anonim,2007, Subang Dalam Angka kerjasama Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Subang dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Subang.
[2] Diki Nanang Surahman, dkk, 2007, Nanas dan Produk Olahannya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna(B2PTTG),Subang.
[3] Eger G, Eden G, Wissig E. 1976.Pleurotus ostreatus — breeding potential of a new cultivated mushroom. Theoretical and Applied Genetics 47: 155-163
[4] Freddy Rangkuti, 2000, Busines Plan Tebnik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus,P T. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[5] Gunawan, A.W. 2000. Usaha Pembibitan Jamur. Jakarta: Penebar Swadaya. Hal. 3-19.
[6] Sriharti dan Sukirno, 2003, Penerapan Teknologi Pembuatan Minuman Instan di desa Tanggulun Timur kecamatan Kalijati kabupaten Subang, Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia 'Teknologi Tepat Guna Berbasis Sumber Daya Alam Indonesia", 27 April 2004, Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan Bandung.
[7] 7. Sumarmi. 2006. Botani dan tinjauan gizi jamur tiram putih. Jurnal Inovasi Pertanian 4(2):124-130
[8] Suparyanto,2012,Kewirausahaan Konsep dan Realita pada Usaha Kecil,Penerbit Alfabeta, Bandung.
Published
2022-01-20
How to Cite
Kosasih, K., Paramarta, V., Mulyani, S., Yuliati, F., & Fitriana, F. (2022). BUDI DAYA JAMUR TIRAM DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA TAMBAKMEKAR KECAMATAN JALANCAGAK KABUPATEN SUBANG PROVINSI JAWA BARAT. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1001-1010. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1228
Section
Articles