PENGABDIAN MASYARAKAT PADA CEMARA LAUNDRY DALAM PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN BAHASA INGGRIS

  • Daris Purba Universitas Putera Batam (UPB)
  • Nurma Dhona Handayani Universitas Putera Batam (UPB)
Keywords: UKM, Manajemen, Bahasa Inggris

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat usaha kecil dan menengah mengalami penurunan penjualan. Hal ini memerlukan solusi agar dapat bertahan di tengah pandemi. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada UKM agar dapat bertahan melalui perbaikan manajemen dan penguasaan Bahasa Inggris. Perbaikan manajamen diperlukan agar tercapai efektifitas dan efisiensi dalam setiap kegiatan. Penguasaan Bahasa Inggris diperlukan agar dapat memperlancar proses komunikasi dengan para pelanggan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh tim dosen dari Universitas Putera Batam yang berasal dari dua prodi yang berbeda yaitu dari manajemen dan Bahasa Inggris. Kegiatan dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan. Target dari kegiatan pengabdian ini adalah menambah keterampilan dari peserta kegiatan khususnya dalam bidang manajemen dan Bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya efektifitas dan efisiensi dalam manajemen usaha dan terciptanya kelancaran pertukaran informasi dalam Bahasa Inggris

References

[1] Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882. https://doi.org/10.21512/bbr.v3i2.1271
[2] Iman, T. F. (2018). Strategi Pemasaran Jemput Bola Produk Simpanan Ummat Pada KSPPS BMT MARHAMAH Wonosobo. UIN Walisongo Semarang.
[3] Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
[4] Sunardi, N., Lesmana, R., Rudi, Kartono, & Hasbiyah, W. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Abdi Masyarakat, 2(1), 75–86. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/7416/4901
[5] Sunardi, N., Sarwani, AM, E. N., Pranoto, & Hasmanto, R. B. (2020). Peran Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UKM yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat di Kab. Purwakata di Tengah Pandemi Covid-19. Abdi Masyarakat Humanis, 1(2), 127–135. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/4991
[6] Susanti, A., Istiyanto, B., & Jalari, M. (2020). Strategi UKM pada Masa Pandemi Covid-19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67–74. https://doi.org/10.37010/kangmas.v1i2.50
Published
2022-01-20
How to Cite
Purba, D., & Handayani, N. (2022). PENGABDIAN MASYARAKAT PADA CEMARA LAUNDRY DALAM PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN BAHASA INGGRIS. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 819-822. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1217
Section
Articles