MEMAKSIMALKAN KUALITAS GURU DI SD MUHAMMADIYAH 8 KOTA MALANG MELALUI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

  • Maharani Putri Kumalasani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Hidayah Budi Qur ani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dwi Sinta Mujiati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yuni Susilowati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Maghfirotul Laily Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fatimatuzzahro Fatimatuzzahro Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Artikel Ilmiah, Guru, Pendampingan, ToT

Abstract

Artikel ini menjelaskan mengenai kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang untuk memaksimalkan kualitas guru di SD Muhammadiyah 8 Kota Malang melalui penulisan artikel ilmiah. Salah satu indikator menjadi guru professional adalah menulis artikel ilmiah. Pengabdian ini menggunakan metode Training of Trainer (ToT) dengan langkah yaitu workshop pelatihan penulisan artikel ilmiah, pendampingan penulisan artikel ilmiah, implementasi penulisan artikel ilmiah, serta evaluasi dan refleksi. Hasil dari pengabdian ini adalah guru dapat menulis artikel ilmiah dengan berbagai topik pembelajaran.

References

[1] Budi, Kurniasih. “Guru SD Diajak Aktif Menulis Karya Ilmiah,” 2017. https://edukasi.kompas.com/read/2017/11/10/18283221/guru-sd-diajak-aktif- menulis-karyailmiah.
[2] Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. “Tugas, Peran, Serta Tanggung Jawab Seorang Guru,” 2020. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/tugas-peran-serta-tanggung-jawab-seorang-guru/.
[3] Mawardi, Mawardi, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni, and Theresia Sri Rahayu. “Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9, no. 2 (2019): 132–37. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137.
[4] Negara, Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan. “Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya,” n.d. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132929/permen-pan-rb-no-16-tahun-2009.
[5] Sri Mujiwati, Endang, Erwin Putera Permana, Sutrisno Sahari, Novi Nitya Santi, Rian Damariswara, Bagus Amirul Mukmin, Farida Nurlaila Zunaidah, Kukuh Andri Aka, Karimatus Saidah, and Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.” Ppm 53, no. 1 (2017). http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/.
[6] Suhilmiati, Endhang. “REVITALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN TRAINING OF TRAINER (ToT).” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 7, no. 2 (2017): 175–80. https://doi.org/10.33367/ji.v7i2.792.
Published
2022-01-20
How to Cite
Kumalasani, M., Qur ani, H., Mujiati, D., Susilowati, Y., Laily, M., & Fatimatuzzahro, F. (2022). MEMAKSIMALKAN KUALITAS GURU DI SD MUHAMMADIYAH 8 KOTA MALANG MELALUI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 799-808. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1215
Section
Articles