PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI MASA PANDEMI COVID 19

  • Via Lailatur rizki ITB Widya Gama Lumajang
  • Ninik Lukiana ITB Widya Gama Lumajang
  • Kusnanto Darmawan ITB Widya Gama Lumajang
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, UMKM, Covid-19

Abstract

Pada saat pandemic Covid-19 banyak pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan. Penurunan ini karena adanya pembatasan atau ruang gerak masyarakat untuk keluar rumah. Turunnya daya beli masyarakat membuat UMKM berfikir dengan bijak untuk merubah penjualannya yang awalnya secara langsung menjadi online. Hal ini dilakukan agar dapat melanjutkan usaha yang UMKM dirikan. Tujuan penelitian untuk mendapatkan model atau strategi yang tepat untuk meningkatkan pendapatan di masa pandemic Covid-19. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel pelaku UMKM berasal dari desa Tanggung, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang. Tahap analisis data dimulai dari koleksi, reduksi, display, verifikasi, dan simpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas, member check, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian menggambarkan bahwa beberapa kendala yang dialami pelaku UMKM desa Tanggung terletak pada inovasi produk, proses pemasaran produk dan kurangnya keterampilan pelaku UMKM. Sehingga strategi pemberdayaan yang paling dibutuhkan para pelaku UMKM adalah pemberdayaan inovasi produk,  pemasaran produk dan keterampilan. Dengan pemberian pelatihan dan monitoring kepada pelaku UMKM diharapkan UMKM dapat meningkatkan pendapatan dan menyelesaikan masalah yang timbul akibat Covid-19.

Published
2022-01-20
How to Cite
rizki, V., Lukiana, N., & Darmawan, K. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI MASA PANDEMI COVID 19. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 709-714. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1204
Section
Articles