PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK USAHA VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DI DESA KEMENUH KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR

  • Ni Komang Nariani Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Putu Sabda Jayendra Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Firlie Lanovia Amir Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Gusti Ngurah Yoga Semadi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
Keywords: Virgin Coconut Oil , Pengabdian Masyarakat, Pengembangan Usaha Kecil.

Abstract

Potensi Desa Kemenuh berupa keindahan panorama alam dengan lahan persawahan dan perkebunan. Kehidupan masyarakat agraris yang memiliki keunikan adat istiadat dengan hasil kebun salah satunya  kelapa. Dari hasil tersebut apabila dibuat usaha Virgin Coconut Oil (VCO) dan dikelola  dengan baik akan memiliki prospek dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Pemasalahannya adalah selama ini sumber daya kelapa yang melimpah dimiliki Desa Kemenuh belum dimaksimalkan dengan baik. VCO sebagai salah satu produk yang bisa dihasilkan dari potensi kelapa belum diproduksi di Desa Kemenuh dan didistribusi  dari kabupaten-kabupaten lain. Pemahaman warga masyarakat terhadap potensi alam yang dimiliki dalam memanfaatkan hasil perkebunan masih rendah. Melalui  kegiatan pengabdian masyarakat dalam membentuk usaha VCO diharapkan banyak memberi maanfaat kepada masyarakat. Dalam pendampingan  ini diberi bantuan alat dan bahan produk UKM  agar memiliki kualitas baik dan dapat bersaing dipasaran.

References

[1] Fatonah, S., Hrp, A.K. and Dewi, R., 2016. Efektifitas Penggunaan Virgin Coconut Oil (Vco) Secara Topikal Untuk Mengatasi Luka Tekan (Dekubitus) Grade I Dan II. Jurnal kesehatan, 4(1).
[2] Hapsari, N. and Welasih, T., 2013. Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Dengan Metode Sentrifugasi. Jurnal Teknologi Pangan, 4(2).
[3] Raharja, S. and Dwiyuni, M., 2008. Kajian Sifat Fisiko Kimia Ekstrak Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil, VCO) Yang Dibuat Dengan Metode Pembekuan Krim Santan. Jurnal Teknik Industri Pertambangan, 18(2), pp.71-78.
[4] Tyasasih, R. and Pramitasari, T.D., 2019. Program Pemberdayaan Ekonomi dan Kesehatan Keluarga melalui Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (Vco) Kepada Ibu-Ibu dan Remaja Putri Desa Gelung Kecamatan Panarukan-Situbondo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 3(1), pp.42-54.
[5] Widiyanti, R.A. and Guru Mapel, P.K.N., 2015. Pemanfaatan Kelapa Menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) Sebagai Antibiotik Kesehatan Dalam Upaya Mendukung Visi Indonesia Sehat 2015. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 577-584).
Published
2022-01-20
How to Cite
Nariani, N., Jayendra, P., Amir, F., & Semadi, G. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK USAHA VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DI DESA KEMENUH KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 613-618. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1193
Section
Articles