PENDAMPINGAN LITERASI TEKNOLOGI

  • Fimier Liady Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya (IAIN)
  • Jasiah Jasiah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya (IAIN)
  • Elfa Fitria Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya (IAIN)
  • Novia Anggraeni Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya (IAIN)
  • Helda Oktarina Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya (IAIN)
  • Safira Nurlita Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya (IAIN)
Keywords: Book Creator, hots, power point.

Abstract

Sudah sejak beberapa tahun kebelakang sistem pendidikan maupun non-pendidikan mulai di dominasi oleh sistem teknologi digital, yang menjadikan pihak-pihak pelaku kegiatan tersebut harus mengenal sedikit banyak mengenai sistem teknologi digital tersebut di jalankan. Terutama dalam sistem pendidikan, sudah tidak asing lagi ketika mendengar sistem kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, semenjak kurikulum 2013 diberlakukan, mulai susul-menyusul berbagai perkembangan sistem yang ada pada pendidikan, seperti mulai diadakannya book creator, presentasi melalui power point, dan juga munculnya soal hots. Penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara literasi dan juga turun langsung ke lapangan. Dalam praktek di lapangan nyatanya pada era digital 4.0 ini masih banyak pihak yang buta teknologi, awam dengan perkembangan teknologi yang saat ini sudah berkembang. Untuk mengatasi hal ini, maka hendaknya kepada para pihak yang lebih mengerti untuk melakukan pelatihan atau semacamnya yang dapat meningkatkan kualitas tenaga pengajar maupun yang bersangkutan lainnya

References

[1] Alam, S. (2019). HOTS dan Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0. Jurnal Seminar Pascasarjana.
[2] Asmi, A. ., Surbakti, A. N. D., & Hudaidah, C. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya. Jurnal JPIS, 27(1).
[3] Dinni, H. . (2018). HOTS dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Prisma, 1.
[4] Kiswara, A. . (n.d.). Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis HOTS pada Program Keahlian Otomatis tata Kelola Perkantoran SMK Negeri di KOta Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran.
[5] Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan Penerapan Higher Order Thinking Skills di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31).
[6] Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. . (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jamber dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2).
[7] Kusrianto, A. (2007). Presentasi Sukses dengan Power Point. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
[8] Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
[9] Pattaufi. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Audio-Visual (Video) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di SMA Negeri 11 Pangkep. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2).
[10] Prasetya, I. G. A. . (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI dengan Model Problem Based Learning di SMKN 2 Tabanan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1).
[11] Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangka Pembelajaran dengan Model Doferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and development Institut, 8(4), 310–319.
[12] Putriani, J. ., & Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).
[13] Retronasih, N. (2018). Implementasi Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) IPA Menggunakan Alat sederhana. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2).
[14] Sofyan, F. . (2019). Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa, 1(3).
[15] Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1).
[16] Suzanne, N. (2019). Literasi Teknologi dalam Perspektif Calon Pendidik Sekolah Dasar Sebuah Analisis Kebutuhan. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 3(2).
[17] Verdiana, P., Rufi’i, & Djoko, A. . (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development, 8(4).
[18] Widiana, F. ., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6).
[19] Wijayanto, & Zuhri, M. . (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker dengan Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Prosiding Mathemathics and Sciences Forum.
[20] Yuberti. (2013). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Rahaja.
Published
2022-01-20
How to Cite
Liady, F., Jasiah, J., Fitria, E., Anggraeni, N., Oktarina, H., & Nurlita, S. (2022). PENDAMPINGAN LITERASI TEKNOLOGI. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 547-554. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1186
Section
Articles