PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP HIDUP BERSIH DAN SEHAT MELALUI PELATIHAN DUTA LINGKUNGAN SEHAT PONDOK PESANTREN DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Lingga Curnia Dewi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga
  • Lailatun Ni'mah Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga
  • Sylvia Dwi Wahyuni Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga
  • Ika Nur Pratiwi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga
Keywords: Pondok pesantren, duta lingkungan, perilaku hidup sehat, COVID-19

Abstract

Pondok pesantren meghadapi ancaman penyakit secara umum tetapi penularan COVID-19. Faktor risiko yang mungkin menimbulkan berbagai dampak terhadap gangguan kesehatan di pondok pesantren adalah sanitasi yang buruk dan perilaku masyarakat yang kurang baik di lingkungan pesantren. Situasi ini perlu dicegah untuk meminimalkan efek yang lebih buruk. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup sehat termasuk mencegah penularan Covid-19 di pondok pesantren. Sebanyak 29 siswa mengikuti program ini. Metode yang digunakan adalah pemberian edukasi dan roleplay, disertai dengan pre-dan-post tes dengan kuisioner. Kuesioner terdiri dari pengetahuan dan sikap terkait sanitasi lingkungan, personal hygiene, dan   penyakit menular. Uji Wilcoxon sign rank test menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pengetahuan dengan p=0,001 dan sikap p=0,038 (P<0,05). Pelatihan duta lingkungan merupakan salah satu program yang disarankan untuk mendukung lingkungan sehat yang berkelanjutan. Selain itu, roleplay juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk menerapkan gaya hidup sehat.

References

Khumayra, Z.H., Sulisno, M. (2012). Perbedaan Pengetahuan Dan Sikap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Antara Santri Putra Dan Santri Putri, Jurnal Nursing studies, Vol. 1,No. 1 2012. Hal 197–204, http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing

Ministry of Health Indonesia. Riset kesehatan dasar. Jakarta. (2013)
Nadrati, B., Wijayanto, W. P. and Musniati (2019). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Santri di Pondok Pesantren Ad Diinul Qoyyim Lombok Barat. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(1), pp. 1–6.
Nuraini, N. and Wijayanti, R. A. (2016). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember.
Raharjo, A. S. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Fasilitas di Sekolah dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah pada Tempatnya. Unnes Journal of Public Health. 3(1), pp. 1–10.
Rahmawati, S. and Mulyono, S. (2017). Comparison of Clean and Healthy Living Behavior of Islamic Boarding School ( IBS ) Students with and without IBS Health Post access. UI Proceedings on Health and Medicine. 3, pp. 79–82.
Susanto, T., Sulistyorini, L. and Wuri, E. (2016). School Health Promotion : a Cross-Sectional Study on Clean and Healthy Living Program Behavior (CHLB) among Islamic Boarding Schools in Indonesia. International Journal of Nursing Sciences. Elsevier Ltd, 3(3), pp. 291–298. doi: 10.1016/j.ijnss.2016.08.007.
T. Tahlil, R. Woodman. (2013). The impact of education programs on smoking prevention: a randomized controlled trial among 11 to 14 year olds in Aceh, Indonesia. BMC Public Health. 13 p. 367, 10.1186/1471-2458-13-367
Published
2022-01-20
How to Cite
Dewi, L., Ni’mah, L., Wahyuni, S., & Pratiwi, I. (2022). PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP HIDUP BERSIH DAN SEHAT MELALUI PELATIHAN DUTA LINGKUNGAN SEHAT PONDOK PESANTREN DI ERA PANDEMI COVID-19. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 587-592. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1072
Section
Articles